Tugas pkwu

Produk Kreatif & Kewirausahaan

SOAL+JAWABAN

PILIHAN GANDA

1. Tahapan – tahapan dalam merencanakan suatu produk, kecuali....

a. Memformulasikan hasil marketing research

b. Mempertimbangkan kemampuan fasilitas perusahaan

c. Membuat gambar kerja

d. Membuat project kerja

Jawaban: D

2. Dalam riset pembuatan produk baru atau pengembangan produk yang sudah ada, perusahaan harus mempertimbangkan hal – hal sebagai berikut, kecuali....

a. Keinginan pelanggan dalam hal kegunaan

b. Keinginan pelanggan dalam hal kualitas

c. Biaya dari pembuatan produk baru atau pengembangan dari produk yang belum   ada

d. Keinginan pelanggan dalam hal modal dan warna dari produknya denga tidak mengabaikan penentuan harga

Jawaban: C

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi desain produk adalah....

a. Standar dan Spesifikasi Desain

b. Fungsi Kewirausahaan

c. Mutu Produk

d. Proses Produksi

Jawaban: A

4. Dalam hal spesifikasi dan standar desain suatu produk akan terlihat dari hal-hal berikut, kecuali....

a. Bahan

b. Bentuk

c. Harga

d. Ukuran

Jawaban: C

5. Pengawasan atas mutu suatu barang hasil produksi meliputi pengetahuan hal-hal berikut, kecuali....

a. Harga Produk

b.Mencegah atau Menghindarkan Terjadinya Kerusakan Barang (produk)

c. Kendali Mutu Terpadu

d. Kerusakan dan Mutu Produk

Jawaban: A

6. Yang bukan termasuk jenis-jenis pengawasan mutu produk yaitu....

a. Pemantauan Mutu Bahan-Bahan

b. Pemantauan Proses Produksi

c. Pemantauan Produk Jadi

d. Pemecahan masalah

Jawaban: D

7. Alasan digunakan metode statistik dalam pengawasan mutu adalah sebagai berikut, kecuali....

a. Menghitung jumlah kerusakan barang dalam proses produksi

b.Metode statistik dapat memberi gambaran tentang penyimpangan-penyimpangan

c. Peranan proses produksi

d. Alat kendali mutu

Jawaban: C

8. Dibawah ini yang merupakan tujuan pembuatan alur kerja, kecuali....

a. Meminimalkan biaya

b. Memaksimalkan proses pembuatan

c. Meminimalkan pemanfaatan pabrik dan perlengkapan

d. Meminimalkan perubahan dalam nilai produksi

Jawaban: C

9. Yang bukan merupakan kelebihan perencanaan, yaitu....

a. Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang dapat terjadi

b. Membantu penempatan tanggungjawab secara tidak tepat

c.  Meminimumkanpekerjaan yang tidak pasti

d. Menghemat waktu, usaha, dan dana

Jawaban: B

10. Yang merupakan kelemahan perencanaan, kecuali....

a. Menghemat waktu dan tenaga

b. Perencanaan cenderung menunda kegiatan

c. Perencanaan mungkin terlalu membatasi manajemen untuk berinisiatif dan berinovasi

d. Pekerjaan yang tercakup dalam perencanaan terkadang berlebihan

Jawaban: A

11. Yang bukan merupakan dimensi untuk menganalisis kegiatan prototype, yaitu....

a. Dimensi Representasi

b. Dimensi Presisi

c. Dimensi Interaktif

d. Dimensi Komposisi

Jawaban: D

12. Yang dimaksud dengan prototype yaitu....

a. Bentuk dasar dari sebuah produk

b. Penerjemahan konsep teknikal yang berhubungan dengan kebutuhan dan perilaku konsumen

c. Menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan konsep yang telah dibuat

d. Alat peraga yang mirip produk yang akan dibangun

Jawaban: A

13. Pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi tanah, tenaga kerja dan modal disebut....

a. Manajemen produksi

b. Manajemen operasi

c. Produksi

d. Manufaktur

Jawaban: C

14. Proses produksi yang mana produksi berjalan dan menghasilkan barang yang berkali-kali disebut....

a. Manufaktur proses

b. Proses perakitan

c. Intermittent process

d. Proses yang berkelanjutan

Jawaban: D

15. Tujuan utama dari manufaktur dan manajemen produksi adalah....

a. Untuk menjual barang dan harga tinggi

b. Mencapai laba sebanyak-banyaknya

c. Untuk menyediakan produk dan jasa berkualitas tinggi secara instan sebagai respon terhadap permintaan pelanggan

d. Untuk menghasilkan barang dengan jumlah yang banyak

Jawaban: C

  16. Untuk menggerakkan kegiatan usaha pengolahan, terlebih dahulu wirausaha harus memahami sistem …..

A. Pengolahan

B. Pemasaran

C. Administrasi

D. Prosedural

E. Operasional

Jawaban: C

17. Neraca awal dalam penyusunan perencanaan usaha makanan khas daerah adalah sebagai berikut, kecuali …..

A. Strategi promosi

B. Estimasi pendapatan

C. Margin

D. Biaya operasional

E. Keuntungan

Jawaban: A

18.Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan …..

A. Rencana penjualan

B. Media promosi

C. Brainstorming

D. Teknik khusus

E. Pendapat konsumen

Jawaban: B.

19. Faktor produksi paling utama menurut pendekatan secara ekonomi adalah …..

A. Management

B. Money

C. Material

D. Machine

E. Methode

Jawaban: A

20. Untuk menguji kelayakan usaha diperlukan. ...

a. analisis SWOT

b. 5 W + 1 H

c. Studi kelayakan usaha

d. Observasi

e. Menggali banyak informasi

Jawaban: C